TIPS MEMILIH SEPATU BASKET

Seorang pemain basket dengan sepatunya sama dengan seorang prajurit dengan pedangnya. Jika seorang prajurit tidak nyaman dengan pedangnya sendiri, ia tidak bisa maksimal bertempur. Malah yang terburuk, ia bisa dihabisi oleh prajurit pihak lawan karena kalah lihai.

Hal ini juga terjadi di lapangan basket. Seorang pemain yang tidak nyaman dengan sepatunya sendiri tidak akan bisa bergerak leluasa di atas lapangan. Hasilnya, ia akan dimatikan oleh permainan lawannya yang lebih lincah. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih sepatu basket yang bagus.

Yang pertama adalah sepatu basket loe harus bisa meredam benturan yang terjadi saat loe mendarat. Apalagi jika loe adalah pemain street basket ball yang sering berlari dan melompat di atas lapangan aspal. Jika telapak kaki atau bagian belakang lutut terasa sakit setelah loe bermain basket, itu adalah pertanda bahwa sepatu loe tidak cukup kuat untuk meredam benturan.

Sepatu basket yang loe pake juga harus nyaman senyaman-nyamannya. Ukurannya harus pas dengan sempurna. Jangan sampai ada ruang tersisa untuk kaki loe bergerak dalam sepatu. Bukan hanya di bagian depan, tapi juga bagian samping. Jika ada ruang gerak di dalam sepatu, kemungkinan cidera saat loe tergelincir atau terjatuh akan lebih besar.

Saat memilih sepatu perhatikan solnya. Pastikan sol bisa melekat kuat pada permukaan lapangan. Melekat di sini bukan berarti menempel seperti lem, namun bisa membuat kaki tetap pada posisinya dengan stabil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko tergelincir. Trik seperti spin, dan cross over bisa dilakukan lebih lancar dengan sepatu yang melekat.

Yang tak kalah penting adalah, sepatu basket loe harus responsif. Jangan pilih yang terlalu berat atau solnya terlalu besar. Bentuk yang tidak menguntungkan seperti itu bisa menghambat gerak loe, apa lagi sewaktu sprint. (jayz)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »